Lubis, Khoirun Nisa (2024) Pengaruh Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Di Kelas V SD Al-Ittihadiyah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (930kB) |
![]() |
Text
BAB_1.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (596kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (826kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh role play terhadap keterampilan berbicara siswa. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Al-Ittihadiyah yang berjumlah 38 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampel total. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis quasi eskperimen yang dapat diartikan sebagai metode dengan pendekatan sistematis yang bertujuan untuk mengetahui dampak suatu variabel yang diberikan perlakuan dan kontrol tertentu dalam situasi tertentu. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi siswa dan dokumentasi yang dilakukan yaitu observasi awal dan observasi akhir untuk melihat pengaruh role play terhadap keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan tabel uji hipotesis sampel t-test terlihat adanya peningkatan nilai mean pre-test kelas kontrol sebesar 53,95 dengan standar deviasi sebesar 13,802 sedangkan nilai post-test sebesar 65,26, dengan simpangan baku 10,603. Artinya terjadi peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa. Sedangkan pada kelas eksperimen, rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 56,84 dengan standar deviasi 13,664, sedangkan nilai post-test adalah 76,58 dengan standar deviasi 13,664. Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa pada kegiatan role play. Kemudian berdasarkan hasil uji t independen diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 76,58 dengan standar deviasi 6.882. Sedangkan rata-rata skor kelas kontrol sebesar 65,26 dengan standar deviasi sebesar 10603, hal ini berarti peningkatan rata-rata skor kemampuan lisan siswa kelas eksperimen untuk role play lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. dengan pembelajaran konvensional.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 08:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 08:17 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |