Annisa, Annisa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Sosio-Scientific Inquiry (SSI) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMA. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
Text
cover_W.pdf Download (393kB) |
|
Text
BAB_I_W.pdf Download (262kB) |
|
Text
BAB_II_W.pdf Download (495kB) |
|
Text
BAB_III_W.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB_IV_W.pdf Download (344kB) |
|
Text
BAB_V_W.pdf Download (121kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_(1).pdf Download (174kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Socio-scientific inquiry (SSI) berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X. Populasi berjumlah 259 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel berjumlah 72 siswa yang berasal dari kelas X Aristoteles sebagai kelas eksperimen menggunakan model SSI berbantuan media audio visual dan kelas Jendral Sudirman sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa pretest-posttest berbentuk esai. Sebelum melakukan penelitian instrumen tes diuji coba pada kelas X Ibnu Sina, dan dihitung validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Kemudian uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasayarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t test yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 kurang dari 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Socio-scientific inquiry berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:35 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24160 |
Actions (login required)
View Item |