Sagala, Sohna (2024) Manajemen LPTQ dalam Pembinaan Kemampuan Baca Al-Qur’an Generasi Muda di Kota Medan. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
ilovepdf_merged_(3).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
pisah_bab_1.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
ilovepdf_merged_(3)-20-38.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
ilovepdf_merged_(3)-39-43_(1).pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
pisahh_bab_555.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
bab_5555.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
pisah_dapus_bab_akhir.pdf Download (946kB) |
Abstract
Secara umum penelitian skripsi ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan manajemen yang diterapkan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatail Qur’an (LPTQ) dalam pembinaan kemampuan baca Al-Qur’an generasi muda di kota Medan dan mengidentifikasi kondisi objektif dalam pelaksanaan pembinaan tersebut serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi proses tersebut. Secara khusus untuk menemukan dan menganalisis: manajemen perencanaan, kondisi obejektif dalam pembinaan tersebut serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kemampuan baca Al-Qur’an generasi muda di kota Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif guna mendapatkan gambaran (deskripsi) data secara mendalam. Data diperoleh melalui wawancara, studi dokumen dan observasi. Wawancara secara mendalam terhadap pengurus LPTQ. Observasi nonpartisipan untuk mendapatkan data dari aktivitas di dalam dan luar Yayasan sejauh yang teramati. Sedangkan studi dokumen digunakan untuk menemukan sejarah dan visi misi tugas dan peran LPTQ Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LPTQ memilkki sistem perncanaan yang terstruktur dalam menjalankan program pelatihan, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan,evaluasi, dan pengembangan. Dalam tahap perencanaan LPTQ menentukan tujuan, menetapkan program, dan menyusun strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan generasi muda dalam melakukan pelatihan tersebut. Dalam pelaksanaannya LPTQ melakukan berbagai kegiatan pelatihan, lomba, dan bimbingan ataupun pembinaan rutin. Evaluasi dilkaukan secara berkala untuk menilai efektivitas program dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Tahap pengembangan fokus pada program inovasi dan peningkatan kualitas pembinaan ataupun pelatihan. Dengan adanya Perencanaan manajemen yang dilakukan oleh LPTQ dalam pembinaan kemampuan baca Al-Qur’an generasi muda di Kota Medan dapat meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an generasi muda, serta menumbuhkan minat dan kecintaan mereka terhadap Al-Qur’an.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 03:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 03:27 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |