Aprina, Syalsa Dwi (2024) “Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN 050756 Alur Dua. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
COVER_SYALSA_DWI_APRINA_0306202021.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB_I_SYALSA_DWI_APRINA_0306202021.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB_II_SYALSA_DWI_APRINA_0306202021.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
BAB_III_SYALSA_DWI_APRINA_0306202021.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_SYALSA_DWI_APRINA_0306202021.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB_V_SYALSA_DWI_APRINA_0306202021.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_SYALSA_DWI_APRINA_0306202021.pdf Download (151kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar peserta didik pada hasil observasi awal, tampaknya proses belajar di kelas IV SDN 050756 Alur Dua di Jalan Besitang Alur Dua Pasar, Kelurahan Alur Dua, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat pada pembelajaran IPS belum terlaksana dengan maksimal dalam pembelajaran melalui model belajar konvensional. Siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar sebagaimana seharusnya, karena itu proses pembelajaran di kelas kurang ideal sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Pendekatan penelitian ini digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan quasi eksperimen (Eksperimen Semu). Metode Pengumpulan data ini menggunakan, tes dan dokumentasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil apakah ada perbedaan siswa yang mendapatkan model quantum teaching dan yang tidak mendapatkan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh signifikan penggunaan model Quantum Teaching, Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test dari masingmasing kelas tersebut. Adapun hasil belajar IPS pada kelas eksperimen yang pada awal pemberian pretest hanya mendapatkan rata-rata 35,02 dan kelas kontrol mendapatkan rata-rata sebesar 42,76. Namun, setelah mendapatkan perlakuan dan diberikan posttest kelas eksperimen mendapatkan hasil rata-rata sebesar 71,67 dan kelas kontrol 58,19. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 050756 Alur Dua. Hal ini dapat dilihat berdasarkan uji hitung T. Uji t diperoleh t hitung t tabel yaitu 2,801 2,048 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Peneliti yang ingin meneliti dengan kasus serupa dimasa yang akan datang, peneliti sarankan untuk menggunakan mata pelajaran dan lain agar dapat dijadikan studi banding dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 07:01 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 07:01 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |