دور امل درس يف إتقان الكفاءة اللغة العربية لطالب املعهد العصرى دار احلكمة روضة الرتبية اإلسالمية ميدان

أكر, حكمال (2024) دور امل درس يف إتقان الكفاءة اللغة العربية لطالب املعهد العصرى دار احلكمة روضة الرتبية اإلسالمية ميدان. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.

[img] Text
9522-Article_Text-23578-1-10-20240626.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini berjudul “Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Santri di Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam Medan”. Latar belakang dari penelitian adalah pergeseran penggunaan bahasa arab oleh santri di pondok pesantren dimana para santri hanya mempraktikkan bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari jika diawasi oleh guru, sehingga banyak santri yang tidak menguasai bahasa arab ketika lulus dari pondok pesantren. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa arab santri serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran ustadz dalam meningkatkan kemampuan berbahasa arab santri. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru dan santri di Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ustadz dalam meningkatkan kemampuan berbahasa arab santri yaitu sebagai pengajar yang membuat program-program berbahasa arab santri yaitu sebagai pengajar yang membuat program-program berbahasa arab seperti Ta’limul Mufrodat, Muhadatsah, Muhadoroh, sebagai pendidik yang membiasakan santri untuk menggunakan bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai pemimpin yang memimpin dan mengawasi santri. Adapun yang menjadi faktor pendukung adalah kompetensi mengajar guru yang baik, di adakannya les bahasa arab tambahan dan adanya partisipasi organisasi santri OSPIDAH, sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang pendidikan santri sebelum masuk pesantren, lingkungan yang kurang mendukung serta sarana dan prasarana yang kurang memadai

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:41
Last Modified: 24 Jan 2025 03:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23977

Actions (login required)

View Item View Item