Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Keteladanan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multi Situs SMP Swasta Al Muslimin Pandan dan SMP Negeri 1 Padan Kabupaten Tapanuli Tengah)

Hutabarat, Samrul Bahri (2024) Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Keteladanan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multi Situs SMP Swasta Al Muslimin Pandan dan SMP Negeri 1 Padan Kabupaten Tapanuli Tengah). Doctoral thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
2__CAVER_DKK_ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3__BAB_I_ok.pdf

Download (626kB)
[img] Text
4__BAB_II_ok.pdf

Download (825kB)
[img] Text
5__BAB_III_ok.pdf

Download (595kB)
[img] Text
6__BAB_IV_ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7__BAB_V_ok.pdf

Download (451kB)
[img] Text
8__DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis keteladanan kepemimpinan kepala sekolah SMP Swasta Al Muslimin Pandan dan SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tenga, 2) menganalisis kinerja guru SMP Swasta Al Muslimin Pandan dan SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, 3) menganalisis hasil dari keteladanan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SMP Swasta Al Muslimin Pandan dan SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan multi situs.. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi dan Focus Group Discussion. Menggunakan dua analisis data yaitu: pertama, analisis data situs individu dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Kedua, analisis data lintas situs dilakukan sebagai proses membandingkan dan mengintegrasikan hasil yang diperoleh dari masing-masing situs. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Keteladanan Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Swasta Al Muslimin Pandan dan SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah pertama, melaksanakan tugas tepat waktu bahkan datang lebih awal dan pulang melebihi dari jam yang berlaku. Kedua, sifat yang mencakup kemampuan menyesuaikan diri terhadap situasi yaitu selalu siap terhadap lingkungan sosial, tegas, kerja sama, enerjik, percaya diri, mampu mengambil keputusan, bijaksana dalam mengambil suatu tindakan yang dapat memecahkan masalah yang ada di sekolah, tegas dalam membina, memiliki sifat kewibawaan yang sederhana namun di segani oleh bawahannya. Ketiga, perilaku yang mencakup tentang memiliki tanggung jawab, kepedulian dan komitmen, menegakkan kedisiplinan waktu, proaktif dan memiliki kemauan dan keberanian, menjadi leader yang komunikatif dan motivator, memiliki kepekaan dan berani mengoreksi setiap kesalahan, sangat peduli terhadap masalah yang dihadapi tenaga pendidik dan kependidikan dan sebagai pemimpin sangat berkomitmen dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya dan bisa menjadi suri teladan yang baik kepada bawahan dengan hal yang positif serta ikhlas dalam menjalankan komitmen membangun sekolah, kepala sekolah rela mengeluarkan biaya sendiri untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di sekolah. 2) Kinerja guru SMP Swasta Al Muslimin Pandan dan SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah dari segi melaksankan tata tertib, guru sudah menaati tata tertib di sekolah serta melaksanakan tugas tepat waktu. Kinerja guru diwujudkan dalam perencanaan pengajaran, pelaksanaan pengajaran yang bermutu, menggunakan media pengajaran, metode pembelajaran, moel pembelajaran yang bervariasi, melaksanakan evaluasi pembelajaran yang terencana dan terstruktur, membimbing dan melatih peserta didik serta melaksanakan tugas tambahan. 3) Hasil dari keteladanan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SMP Swasta Al Muslimin Pandan dan SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah yaitu meningkatnya kinerja guru di SMP Swasta Al Muslimin Pandan dan SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah dengan mengupayakan berbagai bentuk kedisiplinan waktu, mematuhi tata tertib sekolah, meneladani bawahan dengan bersikap humoris, dan kerja professional. 4) Rancangan model hipotetik kepemimpinan kepala sekolah berbasis keteladanan dalam meningkatkan kinerja guru pada jenjang pendidikan dasar Tingkat SMP.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:20
Last Modified: 23 Jan 2025 08:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23884

Actions (login required)

View Item View Item