Perilaku Konsumerisme Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tahun 2017-2022.

Septiani, Ayu (2024) Perilaku Konsumerisme Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tahun 2017-2022. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER-dikompresi_fix.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB_I-dikompresi.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB_II__-dikompresi.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB_III-dikompresi.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB_IV-dikompresi (1).pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB_V (13).pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA-dikompresi.pdf

Download (747kB)

Abstract

Paham filosofi konsumerisme telah melahirkan growth mania dan megalomania dalam kehidupan masyarakat, terkhusus pada mahasiswa. Hal itu berimplikasi pada dua hal, yakni: adanya perilaku moderate consumption di kalangan mahasiswa atau high mass consumptions dan wasteful consumption yang diakibatkan oleh konsekuensi logis dari perkembangan gerakan konsumen yang tidak dapat mengejar perkembangan hasrat dan selera konsumen yang cenderung berlebihan dan boros. Sebaliknya, hasrat untuk berproduksi yang lebih besar pada produsen juga tidak dapat dikendalikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, berdasarkan sifat permasalahannya maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penlitian ini menggunakan teknik observasi partisipatif dengan jenis partisipasi lengkap, teknik wawancara semi terstruktur, dan literatur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman dengan aktivitas dalam analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Melalui analisa data yang sudah dilakukan, penelitian ini menyimpulkan bahwa; 1) Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU Medan memiliki hasrat untuk berkonsumsi yang relatif tinggi, tetapi para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU Medan tetap dapat mempertahankan indeks prestasi mereka di kampus dan tidak sedikit dari mereka mengharumkan nama kampus dengan memenangkan perlombaan pada tingkat provinsi nasional dan tingkat internasional. 2) Faktor yang menyebabkan perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU Medan berasal dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, terdiri atas; motivasi dan gaya hidup. Sedangkan faktor eksternal terdiri atas; Iklan dan model identifikasi diri. 3) Perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU Medan dapat di klasifikasikan dalam kelompok ‗high mass consumptions’ karena membeli suatu barang dengan indikator ‗gengsi‘ dan ‗tren‘.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:40
Last Modified: 23 Jan 2025 07:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23863

Actions (login required)

View Item View Item