Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative, Integrated, Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Tipe Hots

Resti Fauzia, Luri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative, Integrated, Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Tipe Hots. Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara Medan.

[img] Text
Cover-1-16.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB_I_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II_LURI_RESTI_FAUZIA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB_III_Luri_Resti_Fauzia.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB_IV_Luri_Resti_Fauzia.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB_V (8).pdf

Download (943kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka (10).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efek atau pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang memerlukan ketrampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skills atau HOTS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment dengan desain Pre-test Post-test control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Sabilina dimana kelas VII di SMP Swasta terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dari ke 6 kelas VII di SMP Swasta Sabilina. Yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan menyelesaikan soal cerita tipe HOTS. Validasi instrumen dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Analisis data menggunakan uji t untuk menguji perbedaan rata-rata hasil pre-test dan post-test antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan menyelesaikan soal cerita tipe HOTS antara kelas eksperimen dan kelas kontol. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (83,78) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (74,81). Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CIRC efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita tipe HOTS. Penelitian ini memberikan saran praktis bagi guru untuk ii menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC guna meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Keterbatasan penelitian ini termasuk jumlah sampel yang relatif kecil dan penerapan hanya pada satu sekolah. Penelitian lanjutan disarankan untuk melibatkan sampel yang lebih besar dan melakukan studi jangka panjang untuk mengetahui efek berkelanjutan dari model pembelajaran kooperatif tipe CIRC ini. Kata Kunci: CIRC (Cooperative, Integrated, Reading And Composition), Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita, HOTS

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:10
Last Modified: 21 Jan 2025 07:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23560

Actions (login required)

View Item View Item