Andini, Nur (2024) Penggunaan Media Gambar Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas Ii Di Sd Swasta Islam Nursyamsiani Desa Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis. Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara Medan.
Text
COVER_SKRIPSI_NURANDINII.pdf Download (862kB) |
|
Text
BAB_I_SKRIPSI_NURANDINI.pdf Download (438kB) |
|
Text
BAB_II_SKRIPSI_NURANDINI.pdf Download (766kB) |
|
Text
BAB_III_SKRIPSI_NURANDINI.pdf Download (488kB) |
|
Text
BAB_IV_SKRIPSI_NURANDINI.pdf Download (583kB) |
|
Text
BAB_V_SKRIPSI_NURANDINI.pdf Download (417kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_NURANDINI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini menyajikan pembahasan mengenai penelitian yang telah dilakukan dengan judul ”Penggunaan Media Gambar Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas II Di SD Swasta Islam Nursyamsiani Desa Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis”, yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui bentuk kesulitan membaca siswa/i kelas II; 2) Mengetahui penggunaan media gambar dalam mengatasi kesulitan membaca siswa/i kelas II; 3) Mengetahui kendala yang dihadapi guru pada penggunaan media gambar; dan 4) Mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala yang terjadi pada saat penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan wali kelas II SD Swasta Islam Nursyamsiani. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, maka didapatkan kesimpulan hasil penelitian bahwa: 1) Kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama seperti pada huruf “b dan d”, huruf “m dan n”, huruf p dan q”, lambat dalam mengeja dan terjadi repetisi (pengulangan huruf/kata), tidak dapat melafalkan kata yang terdiri dari gabungan huruf diftong dan gabungan huruf konsonan; 2) Penggunaan media gambar menjadi salah satu media yang digunakan dalam mengatasi kesulitan membaca siswa/i kelas II; 3) Kendala yang dihadapi guru pada penggunaan media gambar dalam mengatasi kesulitan membaca siswa/i yaitu ukuran gambar yang terlalu kecil dan kurangnya fasilitas yang disediakan sekolah; serta keterbatasan dana dalam pembuatan media; 4) Upaya untuk mengatasi kendala yang terjadi yaitu memperlihatkan media gambar kepada siswa/i secara bergantian, memberikan kesempatan kepada siswa/i yang duduk dibelakang untuk melihat media gambar secara langsung kedepan dan memberikan penjelasan ulang terkait materi yang belum dipahami oleh siswa. Hasil penelitian yang didapatkan memberikan acuan bagi lembaga pendidikan agar dapat berupaya untuk meningkatkan kreatifitas dan kualitas seorang guru dengan mengembangkan pengetahuan mengenai penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar di kelas dengan efektif dan efisien, serta dapat dengan mudah mencapai tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Kesulitan Membaca, Media Gambar
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 02:37 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 02:37 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23491 |
Actions (login required)
View Item |