Saragih, Iqlima Saputri (2024) Analisis Pola Mengajar Guru Berbagai Usia Dalam Mengajar Kitab Kuning di MAS Al-Washliyah 01 Medan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
Text
COVER_.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_I.pdf Download (147kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Download (325kB) |
|
Text
BAB_III.pdf Download (127kB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Download (551kB) |
|
Text
BAB_V.pdf Download (43kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana pola mengajar guru generasi baby boomers dalam mengajar kitab kuning di MAS Al-Washliyah 01 Medan, (2) bagaimana pola mengajar guru generasi X dalam mengajar kitab kuning di MAS Al-Washliyah 01 Medan, (3) bagaimana pola mengajar guru generasi Millenials dalam mengajar kitab kuning di MAS Al-Washliyah 01 Medan Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah menyajikan hasilnya dalam bentuk deskripsi naratif. penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi yang mana biasa digunakan untuk mengungkap makna-makna dari tingkah laku manusia.Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengggunakan model analisis data interaktifMiles & Huberman, Terdapat tiga aliran kegiatan yang bersamaan reduksi data, penyajian data, perumusan kesimpulan, dan verifikasi merupakan analisis data Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru generasi baby boomers, generasi X dan generasi millenials memiliki persamaan, yaitu dimulai dengan guru membaca kitab dan murid membarisi sesuai apa yang dibacakan guru, kemudian guru menterjemahkan kitab dan murid menulis terjemahannya, lalu guru menjelaskan tentang materi yang ada pada kitab tersebut. (2) Kemudian semua guru yang mengajar kitab kuning telah melaksanakan peranannya dengan baik, yaitu sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, fasilitator dan evaluator. (3) Namun pola mengajar guru generasi baby boomers, generasi X dan generasi millenials juga memiliki perbedaan, yaitu pada metode yang digunakan dalam mengajar, volume sura, dan keakraban guru pada murid.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:54 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23426 |
Actions (login required)
View Item |