Evaluasi Pelaksanaan Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Umum Perdagangan Kabupaten Simalungun

Ananda, Salsa Nabila (2024) Evaluasi Pelaksanaan Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Umum Perdagangan Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Afinda.pdf

Download (567kB)
[img] Text
Bab_1 (2).pdf

Download (266kB)
[img] Text
Bab_2 (1).pdf

Download (409kB)
[img] Text
Bab_3 (1).pdf

Download (432kB)
[img] Text
Bab_4 (1).pdf

Download (408kB)
[img] Text
Bab_5 (1).pdf

Download (190kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi terhadap program BPJS di rumah sakit ini sangat penting dilakukan untuk beberapa alasan. Pertama, untuk memastikan bahwa program tersebut berjalan sesuai dengan tujuannya, yaitu memberikan akses layanan kesehatan yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat. Kedua, evaluasi dapat mengidentifikasi kendala-kendala yang masih ada sehingga dapat segera dilakukan perbaikan. Ketiga, hasil evaluasi dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait dalam mengambil kebijakan yang lebih baik di masa mendatang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program Badan Penyelenggara Jaminas Sosial Kesehatan (BPJS) di Rumah Sakit Umum Perdagangan Kabupaten Simalungun. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan tipe fenomologi yaitu suatu penelitian yang mendeskripsikan tentang fenomena Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini dilihat dari empat variabel menurut Geogre C. Edward III yaitu komunikasi, sumber daya, desposisi, struktur birokrasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara BPJS dan rumah sakit berjalan dengan baik dan efektif. Sumber daya medis dan non-medis di rumah sakit sudah mencukupi, meskipun terdapat kendala terkait kurangnya dokter untuk pengkodingan diagnosa pasien rawat inap. Sikap pelaksana dalam pelaksanaan program BPJS belum optimal, dengan pelayanan yang lambat dan kurang efisien. Struktur organisasi rumah sakit telah memenuhi SOP. Namun, masih banyak pasien, terutama lansia, yang belum memahami alur pelayanan BPJS. Perlu adanya peningkatan sosialisasi dan edukasi langsung kepada masyarakat, terutama pasien BPJS, khususnya dalam proses pengambilan obat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 15 Jan 2025 05:08
Last Modified: 15 Jan 2025 05:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23254

Actions (login required)

View Item View Item