Fahmi, Muhammad Ikhsan (2024) Upaya Guru BK dalam Menumbuhkan Rasa Bersyukur Siswa Di MTs Al-Hidayah Air Hitam Gebang. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
Text
COVER_IKHSAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_I (2).pdf Download (550kB) |
|
Text
BAB_II (1).pdf Download (659kB) |
|
Text
BAB_III (2).pdf Download (432kB) |
|
Text
BAB_IV (2).pdf Download (591kB) |
|
Text
BAB_V (2).pdf Download (426kB) |
|
Text
DAPUS_DAN_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) keadaan rasa bersyukur siswa, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi rasa bersyukur siswa, serta 3) Upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling (BK) dalam menumbuhkan rasa bersyukur di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Air Hitam Gebang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara terhadap guru BK dan siswa dan data yang diperoleh juga dianalisis dengan pendekatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa di sekolah tersebut memiliki sikap yang bersyukur, meskipun masih ada beberapa yang perlu ditingkatkan kesadarannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi rasa bersyukur siswa meliputi lingkungan keluarga, pendidikan agama di sekolah, pengalaman hidup, dan pengaruh media sosial. Guru BK memainkan peran penting dalam menumbuhkan rasa bersyukur siswa melalui kegiatan-kegiatan seperti penyuluhan, pembinaan, dan pembelajaran karakter. Saran yang diajukan meliputi peningkatan peran keluarga, memperkuat lingkungan sekolah, peningkatan peran guru BK, penerapan kurikulum yang relevan, dan kolaborasi antara sekolah dan masyarakat.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:28 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 05:45 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23121 |
Actions (login required)
View Item |