ANALISIS PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN DI MIS NURUL FADHILAH BANDAR SETIA TEMBUNG

Rinjani, Wahyu (2023) ANALISIS PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN DI MIS NURUL FADHILAH BANDAR SETIA TEMBUNG. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
CAVER_ABSTRAK_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (973kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (453kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program tahfidz al-Qur’an merupakan suatu proses atau kegiatan menghafal ayat suci al-Qur’an dengan cara Muraja’ah (mengulang) bacaan baik dengan mendengarkan ataupun melihat tulisan al-Quran, sehingga bacaan yang sudah dihafal dapat melekat pada ingatan dan dapat diulang tanpa harus melihat al-Qur’an dan tulisan-Nya.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menganalisis perancanaan program tahfizh al-Qur’an di MIS Nurul Fadhilah Bandar Setia Tembung, pelaksanaan program tahfizh al-Qur’an di MIS Nurul Fadhilah Bandar Setia Tembung, dan factor pendukung dan penghambat program tahfizh al-Qur’an di MIS Nurul Fadhilah Bandar Setia Tembung.Jenis penelitian ini merupakan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam pendekatan penelitian ini ialah kualitatif deskriptif, dan metode analisis data yang digunakan yaitu: data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai sebuah program ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu: Pertama, Perencanaan sebuah program tahfizh al-Qur’an: menetapkan program tahfizh al�Qur’an, menentukan indicator keberhasilan tahfizh al-Qur’an, menetapkan penanggung jawab program tahfizh al-Qur’an, dan menyusun kegiatan dan jadwal kegiatan program tahfizh al-Qur’an. Kedua, Pelaksanaan program tahfiz al-Qur’an: kegiatan menghafal al-Qur’an, kegiatan menyetor hafalan al-Qur’an dan kegiatan muraja’ah hafalan al-Qur’an. Ketiga, Factor pendukung meliputi: fisik dan psikis yang baik, dukungan penuh dari yayasan, perhatian guru, piagam atau reward, motivasi, dan usia. Factor penghambat meliputi: tidak menguasai makharijul huruf dan ilmu tajwid, tidak mengulang hafalan, terbatasnya alokasi waktu kegiatan belajar mengajar tahfizh al-Qur’an, tingkat kecerdasan, lingkungan pergaulan, dan kurang dapat mengatur waktu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Tahfizh, Tahfizhul Qur’an.
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 06 Dec 2023 10:01
Last Modified: 06 Dec 2023 10:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20948

Actions (login required)

View Item View Item