Hasibuan, Annisa Nur Safitra and Hasibuan, Eka Khairani (2023) Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Metode Pendekatan Realistis Mathematic Education (RME). At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.5 (No.1). pp. 146-156. ISSN 2747-089X
Text
Jurnal__Annisa_nur_safitra_hasibuan__0305193127.pdf Download (290kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana perencanaan dan langkah-langkah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan metode pendekatan RME (Realistis Mathematic Education) pada siswa kelas 7 MTs Nur Ibrahimy. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui pengumpulan data bersifat observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisa data yang digunakan berupa data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendekatan RME (Realistis Mathematic Education) berkaitan erat dengan kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan materi bilangan bulat dengan tepat dan benar, baik secara tulisan maupun lisan, melalui langkah-langkah memberikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, memberikan dorongan dan mengembangkan masalah lebih dalam serta mempertimbangkan cara atau langkah untuk memeriksa dan meneliti dan terakhir memberikan siswa tugas. Penelitian ini diharapkan nantinya memberikan kontribusi bagi kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi matematis melalui pendakatan realistis mathematic education (RME) sehingga capaian pembelajaran tercapai dengan optimal secara efektif dan efesien.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 05:17 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 05:17 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20278 |
Actions (login required)
View Item |