Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI MAN Dairi

Berasa, Umi Kalsum (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI MAN Dairi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB_II_.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari LKPD matematika menngunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition pada materi turunan fungsi aljabar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan 4 tahapan yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik di kelas XI IPA 3 MAN 1 DAIRI yang berjumlah sebanyak 36 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran sebesar 3,1 dengan kategori baik/cukup valid. Untuk tingkat kepraktisan dari media pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 4,25 dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru matematika sebesar 4,57 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tingkat keefektifan dari media pembelajaran berdasarkan hasil perhitungan validitas instrumen soal test menggunakan rumus korelasi product moment dengan angka kasar diperoleh rata�rata sebesar 0,912 dengan kategori sangat tinggi. Nilai thitung 31,605 dan nilai ttabel 0,329, sehingga instrumen soal test signifikansi dengan taraf kesalahan α = 0,05 atau 5%. Persentase ketuntasan klasikal peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 83,33% dengan kategori sangat tinggi, maka media pembelajaran ini dikatakan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:53
Last Modified: 18 Aug 2023 01:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20251

Actions (login required)

View Item View Item