Alfajar, Gilang (2022) Strategi Komunikasi Penyiar RRI Pro 2 Medan dalam Menarik Minat Pendengar Kaum Muda di Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (514kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh Penyiar RRI Pro 2 dalam menarik minat dengar anak muda di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan Jenis penelitian, penelitian lapangan (Field Research),sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data melalui oservasi, wawancara dan dokumentasi, informan dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Beserta 5 Penyiar RRI Pro 2 Medan, hasil data penelitian kemudian direduksi dan dianalisis. Hasil dari penelitian ini adalah : strategi komunikasi yang digunakan Penyiar RRI Pro 2 Medan dalam menarik minat pendengar yaitu Penyiar RRI Pro 2 dalam berkomunikasi dengan pendengar, menggunakan komunikasi layaknya sahabat dekat, menyesuaikan gaya bicaranya dengan anak muda yang tidak kaku, memberikan informasi- informasi yang disukai anak muda seperti hobi dan gaya hidup, mengundang narasumber- narasumber dari kalangan anak muda yang inspiratif untuk berbagi cerita, dan munggunakan sosial media sebagai media komunikasi dan promosi. Untuk menarik minat pendengae, Penyiar RRI Medan juga melakukan model penyiaran AIDA, yaitu dengan meyakinkan pendengar di awal siaran, bahwa penyiar memiliki pesan yang bermanfaat bagi pendengar, meyakinkan pendengar bahwa informasi yang dibawakan bisa menjadi solusi bagi pendengar, dan mengulang-ngulang pesan informasi agar pendengar semakin tergerak percaya, dan mengarahkan pendengar untuk mengambil tindakan. dari penelitian ini dapat diketahui pula, bahwa hambatan yang sering dialami oleh penyiar dalam strategi komunikasinya terdiri dari yang pertama hambatan internal, yaitu faktor mood, faktor kesehatan, faktor pengetahuan, yang kedua hambatan eksternal yaitu faktor alat penyiaran, faktor narasumber yang tidak komunikatif dan faktor pendengar yang tidak merespon.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, RRI Pro 2 Medan, Minat Dengar, Anak Muda |
Subjects: | 300 Social sciences > 303 Social processes |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 08:08 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 08:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18882 |
Actions (login required)
View Item |