Mayunda, Nur (2022) Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Budaya Sekolah di MIS Khairin Jalan Tuamang Kecamatan Medan Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER NUR MAYUNDA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1 NUR MAYUNDA.pdf Download (325kB) |
|
Text
BAB 2 NUR MAYUNDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 NUR MAYUNDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 NUR MAYUNDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 NUR MAYUNDA.pdf Download (198kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN NUR MAYUNDA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sekolah merupakan salah satu wadah yang efektif dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Efektivitas pembentukan karakter disiplin tidak selalu harus dengan menambah program tersendiri, tetapi bisa melalui pembiasaan budaya sekolah. Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kedisiplinan siswa di MIS Khairin, (2) untuk mengetahui budaya sekolah yang dikembangkan dengan tujuan membentuk karakter disiplin siswa di MIS Khairin, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan budaya sekolah dalam membentuk karakter disiplin siswa di MIS Khairin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu berupa data�data yang didapat baik berupa tertulis maupun dari lisan orang yang berkaitan. Subjek penelitian ini adalah siswa MIS Khairin. Pengumpulan data dilakukan penulis dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Penjamin keabsahan data dilakukan dengan triangulasi (sumber, metode, peneliti, teori) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya sekolah yang diterapkan di MIS Khairin berjalan dengan baik meskipun dalam pelaksanaannya belum maksimal. Budaya sekolah yang dikembangkan untuk membentuk karakter disiplin siswa diantaranya budaya antri, shalat dhuha dan shalat zuhur berjamaah, makan siang bersama, apel pagi, 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Guru dan fasilitas yang memadai menjadi faktor pendukung penerapan budaya sekolah dalam membentuk karakter disiplin siswa. Sedangkan siswa itu sendiri dan lingkungan merupakan faktor penghambat penerapan budaya sekolah dalam membentuk karakter disiplin siswa
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Disiplin, Budaya Sekolah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 06:25 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 06:25 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17966 |
Actions (login required)
View Item |