Jamel, Jamel (2022) Tujuan pembelajaran dalam AlQuran. Doctoral thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (273kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (151kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) |
Abstract
Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana tujuan pembelajaran dalam Alquran mampu mengembangkan potensi fitrah tauhid, potensi ilahiyah dan potensi insaniyah murid. Sedangkan tujuan penelitian adalah mengetahui tujuan pembelajaran dalam Alquran yang mampu mengembangkan potensi-potensi murid, yaitu: (1) potensi fitrah tauhid murid, (2) potensi ilahiyah murid, dan (3) potensi insaniyah murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tafsir mawdu>’iy, bertujuan untuk mengetahui isi Alquran yang mengandung tema-tema dan konsep-konsep tujuan pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, library research. Dokumen berupa teks-teks ayat Alquran yang diinventarisasi dan diterjemahkan serta ditafsirkan, dengan menggunakan kitab tafsir yang berbahasa Indonesia dan tafsir yang berbahasa Arab yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dengan dibantu buku terjemahan Alquran dan Tafsir yang sesuai. Sedangkan alat pengumpulan data dalam penelitian Disertasi ini adalah kitab yang berfungsi sebagai alat pencarian ayat-ayat Alquran, yaitu kitab al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fa>z\ al- Qur’a>n al-Kari>m dan kitab Fath ar-rahma>n li T}a>lib Aya>t al-Qur’a>n. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada tiga temuan tujuan pembelajaran dalam Alquran, yaitu: (a) Mengembangkan potensi fitrah tauhid murid, dalam Q.S. al- Baqarah/2: 129 dan 151, Q.S. Ali Imra>n/3: 164, Yu>suf/12: 37 dan 68, Q.S. an- Nah}l/16: 103, Q.S. al-Hujarat/49: 16, dan Q.S. al-Jumu’ah/62: 2; (b) Mengembangkan potensi ilahiyah murid, dalam Q.S. al-An’am/6: 91, Q.S. al- A’raf/7: 169, Q.S. al-Kahfi/18: 66, Q.S. Ya>si>n/36: 69, dan Q.S. al-‘Alaq/96: 5; dan (c) Mengembangkan potensi insaniyah murid, dalam Q.S. al-Baqarah/2: 31, 32, 102, 239, 251 dan 282, Q.S. Ali Imra>n/3: 48 dan 79, Q.S. an-Nisa>’/4: 113, Q.S. al-Maidah/5: 4 dan 110, Q.S. al-An’a>m/6: 105, Q.S. Yu>suf/12: 6, 21 dan 101, Q.S. al-Isra>’/17: 24, al-Kahfi/18: 65, Q.S. T{aha/20: 71, Q.S. al-Anbiya>’/21: 80, Q.S. asy-Syu’ara/26: 18 dan 49, Q.S. an-Naml/27: 16, Q.S. Saba>’/34: 44, Q.S. an-Najm/53: 5, Q.S. ar-Rahman/55: 2 dan 4, Q.S. al-Qalam/68: 37, dan Q.S. al- ‘Alaq/96: 4.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 03:33 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 03:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17953 |
Actions (login required)
View Item |