Jannah, Miftahul (2022) Strategi Pemasaran KBIH Multazam Medan dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER DLL.pdf Download (726kB) |
|
Text
BAB I (1).pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB II (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
BAB III (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
BAB IV (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
BAB V (5).pdf Download (170kB) |
|
Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Download (450kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah haji KBIH Multazam. Penelitian ini dilaksanakan di KBIH Multazam Medan. Temuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah yang dilakukan KBIH Multazam dengan menggunakan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah, kualitas pelayanan serta metode pelayanan dan pembimbing yang dilakukan KBIH Mulatazam Medan untuk memasarkan program ibadah haji. Adapun strategi pemasaran yang dilakukan KBIH Multazam dalam upaya meningkatkan jamaah haji masyarakat yaitu menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, instansi-instansi yang berjalan dibidang yang sama, majelis taqlim, memperbanyak cabang Multazam diseluruh Nusantara Indonesia, membuat Media Periklanan (Advertising), spanduk, penyebaran brosur, iklan di media sosial seperti facabook, instagram, whatsaap, uc browser, dan media sosial lainnya. Tatap Muka (Personal Selling ), dalam hal ini calon jama’ah datang langsung ke kantor KBIH Multazam, guna menanyakan langsung mengenai hal-hal yang berkaitan dengan haji. Publisitas atau Public Relation (PR), KBIH Multazam mempunyai ustadz-ustadz atau pemuka agama yang terpercaya di daerah-daerah untuk menawarkan produk yang di jalankan KBIH Multazam. Dalam memberikan metode pelayanan dan pembimbingan manasik haji lebih meningkatkan pendekatan kepada jamaah karena jama’ah yang beragam mulai dari kaum integlektual, orang awam, lansia dan sebagainya,dengan menggunakan beberapa metode diantaranya, metode keteladanan (uswatun hasanah), metode nasehat,metode mau’izah al- Hasanah, metode cermah, metode meragakan/praktek, metode bimbingan kelompok, metode bimbingan individual. Dalam mendapatkan data-data tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan observasi ataupun pengamatan secara lagsung, serta wawancara langsung sebagai instrumen pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan strategi pemasaran yang dilakukan oleh KBIH Multazam ialah dengan menggunakan bauran pemasaran (Marketing Mix), dengan menggunakan bauran pemasaran perusahaan sangat mudah untuk mempromosikan suatu produk kepada calon jamaah haji dan mudah dalam melaksanakan suatu tujuan yang diinginkan. Dalam proses strategi pembinaan kegiatan ibadah haji berupa pengarahan dan petunjuk mengenai tata cara pelaksanaan ibadah haji dengan tujuan agar calon jamaah haji dapat menguasai atau mengetahui seluruh tata cara pelaksanaan ibadah haji dengan mandiri dan mendapat predikat haji yang mabrurah. Dari strategi pemasaran dan strategi pembinaan yang sudah diterapkan KBIH Multazam mengalami peningkatan jumlah jamaah setiap tahun.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 09:00 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 09:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17876 |
Actions (login required)
View Item |