Sabrina, Annisa (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran LKPD dengan Model Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa pada Materi Limit Fungsi Kelas XI SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (429kB) |
|
Text
BAB I (2).pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB II (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V (2).pdf Download (171kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran flipped classroom kelas XI SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan pada materi limit fungsi. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian 4-D yaitu define, design, develop, and dessiminate. Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 siswa. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan serta tes kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata – rata RPP 4,65 dengan kategori sangat baik dan skor rata – rata LKPD yaitu 4,21 dengan klasifikasi sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata – rata angket respon siswa 3,70 dengan kriteria baik dan persentase rata – rata lembar ii observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu 82,68% dengan kategori baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran dikatakan efektif berdasarkan hasil pretest dan posttest dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari pretest yaitu 9,09 % ke posttest yaitu 68,1% dengan kategori baik dan juga diukur kesignigikannya melalui uji t dengan hasil t hitung = 15,904 dan t tabel = 2,064, dimana t hitung > t tabel dengan keputusan terdapat perbedaan signifikan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 05:46 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 05:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17751 |
Actions (login required)
View Item |