Implementasi Layanan Informasi Karir Untuk Meningkatkan Kesiapan Mental Prakerja di SMK Negeri 1 Talawi

Siregar, Nahla Ainayah Mirza (2022) Implementasi Layanan Informasi Karir Untuk Meningkatkan Kesiapan Mental Prakerja di SMK Negeri 1 Talawi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NAHLA AINAYAH MIRZA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I NAHLA AINAYAH MIRZA.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II NAHLA AINAYAH MIRZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
BAB III NAHLA AINAYAH MIRZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV NAHLA AINAYAH MIRZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB V NAHLA AINAYAH MIRZA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NAHLA AINAYAH MIRZA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi Layanan Informasi Karir di SMK Negeri 1 Talawi. 2) Kesiapan Mental Prakerja siswa SMK Negeri 1 Talawi setelah mendapatkan layanan informasi karir. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi layanan informasi karir. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif untuk meningkatkan kesiapan mental prakerja di SMK Negeri 1 Talawi. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan komposisi data. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah : 1) Implementasi layanan informasi karir di SMK Negeri 1 Talawi sudah berjalan dengan cukup baik, hal itu terbukti dari perubahan siswa yang sudah paham hendak kemana arah karir mereka setelah diberikan layanan informasi karir. 2) Kesiapan mental prakerja siswa setelah mendapatkan layanan informasi karir sudah optimal dengan presentase 70%. 3) faktor pendukung adanya rencana program layana oleh guru BK, sarana prasarana yang mendukung kegiatan layanan informasi karir, dan kesadaran siswa akan kebutuhan dirinya mengenai informasi karir. Adapun hambatan yang terjadi adalah tidak adanya jam khusus untuk melaksanakan layanan informasi karir, penggunaan metode dan media yang membosankan siswa, sulit menentukan materi yang akan diberikan kepada siswa dikarenakan kebutuhan siswa yang berbeda-beda dan kurang pedulinya personil sekolah mengenai kegiatan tindak lanjut dalam bimbingan konseling.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi Karir, Kesiapan Mental Prakerja
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 09:06
Last Modified: 16 Feb 2023 09:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17521

Actions (login required)

View Item View Item