Implementasi Segregasi Kelas Laki-Laki dan Perempuan di MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan Kecamtan Barumun Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara

Pasaribu, Rosnila Wati (2022) Implementasi Segregasi Kelas Laki-Laki dan Perempuan di MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan Kecamtan Barumun Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI ROSNILA WATI PASARIBU.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI ROSNILA WATI PASARIBU.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI ROSNILA WATI PASARIBU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI ROSNILA WATI PASARIBU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI ROSNILA WATI PASARIBU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI ROSNILA WATI PASARIBU.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ROSNILA WATI PASARIBU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan kurikulum yang dilaksanakan di MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan segregasi kelas berbasis gender di MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan, (3) Untuk mengetahui hasil dan kendala dari pemisahan kelas laki-laki dan perempuan Al-Mukhlishin Sibuhuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan di MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan adalah kurikulum kemenag dan kurikulum yang dikembangkan oleh sekolah. Program pemisahan rombongan belajar berbasis gender di MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan hanya membedakan sarana prasarana ruang belajar peserta didik saja. Mereka menggunakan struktur organisasi yang sama dan dalam lingkungan sekolah yang sama. Pengaruh dari segregasi gender terlihat pada moral dan akhlak peserta didik dan perbandingan hasil belajar ranah kognitif yang menunjukkan nilai rata-rata raport laki-laki di bawah nilai raport perempuan baik dimata pelajaran Fikih maupun di mata pelajaran Akidah Akhlak. Untuk ranah afektif menunjukkan bahwa tidak ditemukan perbedaan yang mencolok. Akan tetapi ranah afektif dalam aspek responding, siswi memiliki hasil yang lebih baik daripada siswa. Untuk ranah psikomotorik, siswa lebih unggul dibandingkan dengan siswi. Kendala dalam pelaksanaan segregasi gender dimana kurangnya penerapan strategi guru ketika mengajar dikelas laki-laki. Selain itu, kurangnya sarana prasarana yang kurang memadai. Karena memang penggunaan sarana prasarana yang ada di MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan masih digunakan secara bergantian antara siswa dan siswi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Mukhlishin Sibuhuan, Segregasi Gender, Hasil dan Kendala
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:04
Last Modified: 16 Feb 2023 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item View Item