Pengaruh Media E-Book Dan Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Bahaya Penyalahgunaan Napza Pada Siswa Di Sma Muhammadiyah 8 Kisaran

Zahwa, Nimas Aulia (2022) Pengaruh Media E-Book Dan Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Bahaya Penyalahgunaan Napza Pada Siswa Di Sma Muhammadiyah 8 Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Nimas Aulia Zahwa.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB I Nimas Aulia Zahwa.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II Nimas Aulia Zahwa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Nimas Aulia Zahwa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Nimas Aulia Zahwa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Nimas Aulia Zahwa.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Nimas Aulia Zahwa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Meningkatnya kasus penyalahgunaan NAPZA diseluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. Tingkat pengetahuan terdapat hubungannya dengan meningkatnya jumlah penyalahgunaan NAPZA. Terutama remaja yang rentan dalam kasus penyalahgunaan NAPZA, maka dari itu pentingnya melakukan upaya perhatian yang lebih intensif kepada para remaja dalam mencegah penyalahgunaan NAPZA yaitu dengan cara meningkatkan pengetahuan melalui promosi kesehatan dengan menggunakan media e-book dan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media media e-book dan media video mengenai bahaya penyalahgunaan NAPZA di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. Metode : Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan rancangan one group pretest dan posttest desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa/I SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. Hasil Penelitian : Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dengan menggunakan media e-book p<0,000. Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan dengan menggunakan media video yaitu p<0,000. Terdapat perbedaan rerata peningkatan pengetahuan antara penggunaan media e-book dan media video yaitu dengan nilai p<0,011. Terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media e-book dan media video dengan selisih 9,7, hal tersebut menunjukkan bahwa media video lebih berpengaruh terhadap pengetahuan (29,35) dibanding media e-book terhadap pengetahuan (19,65) tentang bahaya penyalahgunaan NAPZA di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. Kesimpulan : Media video dapat digunakan sebagai sarana penyuluhan kesehatan yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi Kesehatan, E-Book, Video, Pengetahuan, Bahaya Penyalahgunaan NAPZA
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:02
Last Modified: 03 Feb 2023 04:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17308

Actions (login required)

View Item View Item