Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Lembaga Keuangan Syariah Dalam Perspektif Triple Bottom Line (Studi Pada Pt Bprs Puduarta Insani)

Dalimunthe, Rafika Hayati (2022) Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Lembaga Keuangan Syariah Dalam Perspektif Triple Bottom Line (Studi Pada Pt Bprs Puduarta Insani). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER RAFIKA HAYATI DMT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I RAFIKA HAYATI DMT.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB II RAFIKA HAYATI DMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III RAFIKA HAYATI DMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV RAFIKA HAYATI DMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V RAFIKA HAYATI DMT.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RAFIKA HAYATI DMT.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT BPRS Puduarta Insani dan melihat kesesuaian dengan konsep triple bottom line. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan Direktur Utama dan Staff Personalia PTBPRS Puduarta Insani. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal ilmiah, skripsi dan dokumen lain yang berhubungan dengan penelitian.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, memverifikasi data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan di PT BPRS Puduarta Insani dapat disimpulkan bahwa penerapan CSR sudah berjalan dengan baik. Apabila ditinjau dari konsep triple bottom line, CSR pada PT BPRS Puduarta Insani telah dijalankan dengan baik di aspek profit dan people. Tanggung jawab ekonomi (profit) dapat dilihat dari komitmen perusahaan yang tetap fokus terhadap keuntungan demi keberlangsungan hidup perusahaan dan menyisihkan 4% sampai 5% dari laba tahunan untuk kegiatan CSR. Tanggung jawab sosial (people) secara nyata dilaksanakan melalui program CSR seperti bantuan santunan yatim, bantuan beasiswa, pembangunan masjid dan kegiatan sosial lainnya. Hanya saja pada aspek planet, PT BPRS Puduarta Insani belum pernah melaksanakan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan alam, hanya didalam lingkup internal perusahaan saja, seperti pada saat Covid-19 menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan pekerjaan agar karyawan yang bekerja merasa nyaman.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Triple Bottom Line, PT BPRS Puduarta Insani
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:09
Last Modified: 27 Jan 2023 04:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17062

Actions (login required)

View Item View Item