Situmorang, Arnika Sarifa (2022) Desain Kamus Saku Bahasa Arab – Indonesia "Kitab Durusullughah Al-‘Arabiyah Lighairi Annaathiqiina Biha” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Santriwati Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (800kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (962kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (648kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pembuatan kamus saku Arab – Indonesia, validasi kamus saku Arab – Indonesia dan hasil uji coba pembelajaran menggunakan kamus saku Arab – Indonesia untuk kelas VII MTs Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development ( R&D ). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan rumus Nilai Rata-rata dan rumus N-Gain Score. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa prosedur pembuatan kamus saku Arab – Indonesia ini dengan menganalisis Potensi dan Masalah Pengumpulan Data, Validasi Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk dan Revisi Produk. Dan hasil validasi kamus saku Arab – Indonesia dari ahli materi mendapatkan nilai 97% yang berkategori sangat layak, dan dari ahli media mendapatkan nilai 96% yang berkategori sangat layak.Dan hasil uji coba pembelajaran dengan kamus saku Arab – Indonesia dengan perhitungan menggunakan rumus rata-rata bahwa siswa dikelas eksperimen mendapatkan nilai pre test sebesar 46,31 % dan nilai post test sebesar 87,4%, dan siswa dikelas kontrol mendapatkan nilai pre test sebesar 36,84% dan nilai post test sebesar 43,94%. Dan hasil dari ujian pre test dengan menggunakan rumus N Gain Score bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 0,77%. Ini menunjukkan bahwa penerapan kamus saku Arab – Indonesia untuk kelas VII B di MTs Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Medan baik.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain, kamus saku, bahasa Arab |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 08:54 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 08:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17044 |
Actions (login required)
View Item |