Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Iuran Peserta PBPU Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Wilayah Kerja Puskesmas Gunting Saga Kabupaten Labuhanbatu Utara

Ananda, Wafiq (2022) Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Iuran Peserta PBPU Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Wilayah Kerja Puskesmas Gunting Saga Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI WAFIQ ANANDA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I SKRIPSI WAFIQ ANANDA.pdf

Download (483kB)
[img] Text
3. BAB II SKRIPSI WAFIQ ANANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III SKRIPSI WAFIQ ANANDA-59.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
5. BAB IV SKRIPSI WAFIQ ANANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
6. BAB V SKRIPSI WAFIQ ANANDA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
7. DAPUS SKRIPSI WAFIQ ANANDA.pdf

Download (979kB)

Abstract

Latar Belakang: BPJS Kesehatan merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Perpres RI Nomor 12 Tahun 2013 tentang peserta JKN pada kategori PBPU wajib melakukan pembayaran iuran atau premi setiap bulan selambat-lambatnya pada tanggal 10. Peserta PBPU di wilayah kerja Puskesmas Gunting Saga ada sebanyak 4.373 jiwa dengan tunggakan sebesar Rp. 4.813.016.500 dengan adanya tunggakan tersebut hal ini menjadi menarik jika diteliti dari segi kepatuhan dalam membayar iuran di masa Pandemi. Tujuan penelitian: ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepatuhan membayar iuran peserta PBPU di masa Pandemi COVID-19 pada wilayah kerja Puskesmas Gunting Saga Kabupaten Labuhanbatu Utara. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional, Teknik pengumpulan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang. Alat atau instrument yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dengan uji chi- square, dan multivariat dengan uji regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan motivasi dan mutu pelayanan kesehatan. Namun, terdapat hubungan yang signifikan pada variabel Pendapatan dan Pengetahuan terhadap kepatuhan membayar iuran dengan nilai P-Value Pendapatan sebesar 0,014 dan nilai P-Value Pengetahuan sebesar 0,001. Berdasarkan uji regresi logistik biner yang dilakukan Pengetahuan memiliki nilai Exp (β) 14.366 dan mutu pelayanan kesehatan memiliki nilai Exp (β) 5.009. Kesimpulan: Pengetahuan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepatuhan membayar iuran. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada Puskesmas Gunting Saga agar lebih sering memberikan sosialisasi dan informasi mengenai program BPJS Kesehatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Membayar Iuran, BPJS
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:13
Last Modified: 21 Dec 2022 07:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16671

Actions (login required)

View Item View Item