Perbandingan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Antara Siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan dengan Siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia Medan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Siregar, Mahyuddin (2022) Perbandingan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Antara Siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan dengan Siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia Medan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DSB_compressed.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAPUS DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Motivasi siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, serta tidak akan lepas dari lingkungan yang mendukung terhadap kegiatan pembelajaran pada siswa. Latar belakang tempat tinggal siswa juga dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji hipotesis mengenai perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMA Swasta Al- Ulum Medan dengan SMA Swata Nurul Islam Indonesia Medan. Hipotesis penelitian ini meliputi : 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan dengan SMA Swata Nurul Islam Indonesia Medan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan dengan SMA Swata Nurul Islam Indonesia Medan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMA Swasta Al-Ulum Medan dan SMA Swata Nurul Islam Indonesia Medan kelas XI tahun pelajaran 2021-2022. Besar sampel sebanyak 86 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket motivasi belajar siswa sebanyak 27 soal untuk siswa SMA Swasta Al-Ulum dan 26 Soal untuk siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia yang telah diuji validitas dan reliabilitas; dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai ulangan harian siswa; Analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-Test. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah :1) Motivasi belajar siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan lebih baik dibandingkan dengan motivasi belajar siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia, hal tersebut ditunjukkan dengan siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan lebih aktif dalam belajar Pendidikan Agama Islam dibandingkan dengan siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata nilai motivasi belajar siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan sebesar 93,12 sedangkan motivasi belajar siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia sebesar 83,72. 2) Hasil belajar siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan memiliki kesamaan dengan hasil belajar siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan sebesar 87,34 sedangkan hasil belajar siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia sebesar 85,89 . 3) Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara siswa SMA Swasta Al-Ulum dengan Siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia dengan taraf signifikansi sebesar 0,006. 4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara siswa SMA Swasta Al-Ulum dengan Siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia dengan taraf signifikansi sebesar 0,428.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:28
Last Modified: 30 Nov 2022 03:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16406

Actions (login required)

View Item View Item