Subandio, Bayu (2021) Pengembangan Permainan Spin Sambung Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER 2.pdf Download (424kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (182kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu atau pelengkap untuk digunakan oleh pendidik dalam berkomunikasi dengan siswa. Dengan menerapkan media pembelajaran akan membantu pendidik dalam menyampaikan pembelajaran secara baik dan efektik sesuai dengan harapan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media permainan spin sambung huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan metodologi sugiyono dengan sembilan tahapan diantaranya, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Penelitian ini dilaksanakan dengan sempel penelitian 20 peserta didik kelas 1 SD IT Ardiansyah Aras Kabu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase penilaian media atau produk oleh ahli materi sebesar 95,5%, ahli media sebesar 94,25%, praktisi sebesar 100% dan peserta didik sebesar 96%. Sedangkan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain Score keatifan belajar peserta didik yaitu 0,90 dan hasil perolehan persentase nilai rata-rata N-Gain Score pada hasil belajar peserta didik sebesar 90%, sehingga dapat di simpulkan bahwa media permainan spin sambung huruf tersebut layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran membaca dan kemungkinan produk permainan spin sambung huruf selanjutnya mendapat peluang untuk dikembangkan lagi dengan menggunakan unsur teknologi pada sebuah aplikasi permainan yang bernilai positif serta berguna untuk dimainkan pada anak-anak.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, Permainan, Spin Sambung Huruf |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 16:09 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 16:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16023 |
Actions (login required)
View Item |