Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDIT Hj. Fauziah Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai

Septiani, Dwi (2022) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDIT Hj. Fauziah Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER DWI SEPTIANI (0306181025).pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB I DWI SEPTIANI (0306181025).pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II DWI SEPTIANI (0306181025).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III DWI SEPTIANI (0306181025).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV DWI SEPTIANI (0306181025).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V DWI SEPTIANI (0306181025).pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DWI SEPTIANI (0306181025).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk Mengetahui persiapan pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas II SDIT Hj. Fauziah Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas II SDIT Hj. Fauziah Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, 3) Untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar membaca permulaan yang dihadapi siswa kelas II SDIT Hj. Fauziah Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, 4) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan yang dihadapi siswa kelas II SDIT Hj. Fauziah Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 20% siswa kelas II SDIT Hj. Fauziah Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai yang belum lancar membaca. Dengan klasifikasi a) Persiapan pembelajaran membaca permulaan yang kurang maksimal karena tidak adanya RPP dan media pembelajaran, b) Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan yang kurang efektif sehingga siswa tidak fokus dalam pembelajaran, c) Faktor-faktor kesulitan belajar membaca permulaan siswa yakni faktor internal yaitu faktor fisiologis, daya ingat yang lemah, kurangnya minat membaca, intelegensi/intelektual lemah serta konsentrasi yang kurang faktor kurangnya minat, dan faktor intelegensi. Dan faktor eksternal yaitu tidak adanya RPP, tidak adanya buku guru, tidak adanya media, serta kurangnya motivasi orang tua. d) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SDIT Hj. Fauziah Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai yaitu mengelompokkan tempat duduk berdasarkan kemampuan siswa, memberi perhatian lebih pada siswa, memberi jam tambahan untuk belajar membaca, memberikan les tambahan untuk membaca, memberikan motivasi yang lebih pada siswa hingga menyediakan fasilitas belajar membaca yang canggih.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor Kesulitan Membaca Permulaan, Solusi Kesulitan Membaca Permulaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:23
Last Modified: 14 Sep 2022 04:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15869

Actions (login required)

View Item View Item