Hubungan minat belajar dan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dengan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di SMK Bisnis Manajemen Nur Cahaya Medan

Zahiruddin, Zahiruddin (2011) Hubungan minat belajar dan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dengan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di SMK Bisnis Manajemen Nur Cahaya Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TEISIS ZAHIRUDDIN.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan minat belajar siswa dan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, baik secara sendiri- sendiri maupun secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Bisnis Manajemen Nur Cahaya Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Nur Cahaya Medan yang beragama Islam dari kelas X, XI, dan XII berjumlah 251 orang pada tahun 2011. Sampel penelitian ini ditetapkan sejumlah 50 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik proporsional stratifield random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket berbentuk skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada Pembimbing Tesis, selanjutnya diuji cobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui seluruh instrumen variabel X 1 , variabel X 2 dan Y, seluruhnya valid dan reliabel. Uji persyaratan analisis data variabel X 1 , X 2 dan Y diketahui bahwa seluruh variabel berdistribusi normal, sehingga dapat dilakukan pengujian linieritas dan hasil uji linieritas, ternyata regresi antara variabel X 1 dengan Y dan X 2 dengan Y juga linier dengan nilai p < 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam materi pelajaran pendidikan agama Islam (X 1 ) dengan hasil belajar siswa (Y) memiliki kategori korelasi yang sedang dengan hasil r hitung sebesar 0,499 atau 49,9 %. Persepsi siswa tentang pengelolaan kelas (X 2 ) dengan hasil belajar siswa(Y) memiliki kategori korelasi yang erat atau tinggi dengan hasil r hitung sebesar 0,603 atau 60,3 %. Kemudian secara bersama-sama hubungan variabel X 1 dan X 2 dengan Y dapat dikategorikan kolerasi baik. Hal ini dapat diketahui hasil r hitung sebesar 0,612 atau 61,2%

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 03 May 2017 03:04
Last Modified: 03 May 2017 03:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1550

Actions (login required)

View Item View Item