Metodologi Pembelajaran Alquran Pada Anak Usia Dini di TKA Islamiyah GUPPI Kecamatan Medan-Amplas

Arifin, Zainal (2010) Metodologi Pembelajaran Alquran Pada Anak Usia Dini di TKA Islamiyah GUPPI Kecamatan Medan-Amplas. Masters thesis, Pascasarjana IAIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap metodologi pembelajaran Alquran pada anak usia dini di TKA Islamiyah GUPPI Kecamatan Medan-Amplas. Oleh karena itu ruang lingkup penelitian ini melibatkan para guru dan pimpinan di perguruan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa dan kualitatif dengan langkah-langkah penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ada enam, yaitu (1) metodologi pembelajaran Alquran yang diterapkan guru (2) langkah-langkah penerapan metodologi pembelajaran pada TKA Islamiyah GUPPI Medan Amplas (3) hasil yang dicapai dalam pembelajaran Alquran (4) masalah-masalah yang dihadapi guru dalam penerapan metodologi pembelajaran Alquran (5) upaya penanggulangan masalah yang dihadapi (6) telaah kritis terhadap kekuatan dan kelemahan metodologi pembelajaran Alquran pada anak usia dini di TKA Islamiyah GUPPI Medan –Amplas. Berdasarkan penelitian di atas disimpulkan bahwa metodologi pembelajaran Alquran yang berlaku di TKA Islamiyah GUPPI Medan Amplas adalah metode Iqra, di samping itu metode pendukung dalam penyampaian pembelajaran Alquran ini adalah dengan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode drill atau latihan, metode permainan, nyanyian dan cerita (kisah-kisah), targhib dan tarhib, serta dengan cara pemberian hadian atau penghargaan kepada anak.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 05 Feb 2016 08:11
Last Modified: 05 Feb 2016 08:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item