Pengaruh Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas IV MIS Al-Ikhlas Kisaran Tahun Ajaran 2021/2022

Nasution, Nurainun Alfitri (2021) Pengaruh Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas IV MIS Al-Ikhlas Kisaran Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI AINUN NASUTION-.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh pembelajaran Ice Breaking terhadap hasil belajar Matematika pada materi pecahan di kelas IV MIS Al-Ikhlas Kisaran Tahun Ajaran 2021/2021. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen, sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 60 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan tes Pretest dan Postest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian yang telah diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menerapkan teknik pembelajaran Ice Breaking berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS Al-Ikhlas. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 41,17 dan diketahui bahwa ttabel = 1,6706. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 41,17 > 1,6706 dengan db = 58 yang berarti H1diterima dan H0ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan teknik pembelajaran Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ice Breaking, hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:28
Last Modified: 04 Aug 2022 08:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14642

Actions (login required)

View Item View Item