Desain Buku Ajar Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 48 Medan

Juniangan, Putri (2020) Desain Buku Ajar Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 48 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PUTRI JUNIANGANN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan rancangan buku ajar Bahasa Arab yang didesain peneliti untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 48. (2) untuk mengetahui penilaian ahli terhadap produk yang telah di desain untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 48. (3) untuk mengetahui tingkat kemampuan dan ketertarikan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 48 terhadap buku ajar yang didesain peneliti. Tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa Buku Ajar yang jelas dan mudah untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 48. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (RESEARCH AND DEVELOPMENT). Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 47 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 48. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner (angket). Peneliti menggunakan prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono. Prosedur yang digunakan dalam pengembangan ini adalah (1) Menganalisis produk yang akan dikembangkan. (2) Pengembangan produk awal. (3) Validasi ahli dan revisi. (4) Uji coba produk lapangan kecil dan revisi. (5) Uji coba lapangan besar dan revisi produk, hingga menghasilkan desain produk final berupa buku ajar bahasa arab yang mengacu kurikulum 2013 untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah. Validasi media pembelajaran buku ajar ini berpedoman pada tiga aspek yaitu (1). Kelayakan isi. (2). Kebahasaan. (3). Desain cover (sampul). Validasi dilakukan oleh dua subjek yaitu validaso oleh dosen ahli materi dan validasi oleh responden yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 48. Sebelum dilakukan penelitian ini bahan ajar telah dinilai oleh dosen ahli materi Pendidikan Bahasa Arab dan juga 47 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah dengan menggunakan lembar penilaian yang berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dosen ahli materi terhadap kelayakan buku ajar bahasa arab dengan rata-rata 4,4 dengan kategori layak dipakai dan tidak perlu revisi. Tanggapan yang baik terhadap penggunaan buku ajar bahasa arab dalam proses pembelajaran dengan hasil respon siswa dengan rata-rata 4,4 dengan kategori baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Jul 2021 08:25
Last Modified: 07 Jul 2021 08:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item