Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Market Share Bank Syariah

Rahman, Aulia (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Market Share Bank Syariah. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhimarket share bank syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data NPF, BOPO, CAR, SBIS terhadap Market Share Bank Syariah dari bulan Januari 2010 sampai Desember 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis VAR (Vector Auto Regressive) yakni didukung uji stasioneritas, uji lag optimal, uji stabilitas model VAR, uji kausalitas granger, uji impulse respon function dan uji variance decomposition, dibantu dengan software EViews versi 6. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada alpha 5%, penulis menyimpulkan bahwa hasil analisis VAR yakni uji Varince Decomposition menunjukkan bahwa variabel NPF, BOPO, CAR dan SBIS berpengaruh terhadap Market Share Bank Syariah. Dalam jangka pendek atau periode awal pengamatan BOPO memiliki pengaruh yang paling dominan diantara variabel lain terhadap Transaksi Pasar Uang Antarbank Syariah yaitu sebesar 7,18%. Sedangkan dalam jangka panjang atau periode akhir pengamatan NPF memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap Market Share Bank Syariah dibandingkan dengan variabel lain yakni sebesar 29,02%. Variabel SBI memiliki pengaruh terhadap Market Share bank syariah sebesar 15,68% dan CAR memiliki pengaruh terhadap Market share bank syariah sebesar 2,97% di akhir periode pengamatan. Dari hasil uji kausalitas granger menunjukkan bahwa semua variabel memiliki hubungan kausalitas satu sama lain, artinya setiap variabel memiliki hubungan 2 arah dengan variabel lainnya. Sedangkan hasil uji impulse response function menunjukkan bahwa Market Share bank Syariah merespon variabel NPF negative semakin mendekati titik keseimbangan, merespon variabel BOPO dengan positif, merespon variabel Market Share bank syariah dan SBIS. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa variabel yang paling mempengaruhi dalam jangka panjang adalah variabel NPF. Kata Kunci : NPF, CAR, BOPO, SBIS, dan Market Share Bank Syariah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:37
Last Modified: 30 Nov 2016 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item View Item