Penggunaan Media Papan Saku Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Di MTs Madinatussalam Sumatera Utara - Tembung

Sihombing, Nurhayani (2020) Penggunaan Media Papan Saku Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Di MTs Madinatussalam Sumatera Utara - Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
13. Skripsi Nurhayani Sihombing (0302161017).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Penggunaan Media Papan Saku Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIII MTs Madinatussalam Tembung Sumatera Utara”. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran keterampilan menulis yang dilakukan di kelas VIII-3 MTs Madinatussalam Sumatera Utara, Tembung. (2) penggunaan media papan saku pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII-3 MTs Madinatussalam Sumatera Utara, Tembung. (3) peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab dengan menggunakan media papan saku di kelas VIII-3 MTs Madinatussalam Sumatera Utara, Tembung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 MTs Madinatussalam Sumatera Utara, Tembung, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan media papan saku berjalan dengan lancar. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mendapat 79,16 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,3. Sedangkan mengenai observasi aktivitas siswa pada siklus I mendapat 75, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,8. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab, yang dapat dilihat dari nilai persentase ketuntasan belajar pada siklus I, yaitu siswa yang tuntas berjumlah 21 siswa dengan perolehan persentase ketuntasan belajar sebesar 53,85%, dan pada siklus II meningkat menjadi 34 siswa dengan perolehan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan saku dapat meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII-3 MTs Madinatussalam Sumatera Utara, Tembung

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Mar 2021 08:15
Last Modified: 20 Mar 2021 08:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11166

Actions (login required)

View Item View Item