Subban, Subban (2011) Aplikasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Ktsp) Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Agama Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Rantau Prapat. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
Cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAftar Pustaka.pdf Download (58kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tentang penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran agama di MTsN Rantauprapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan: 1) penyusunan KTSP untuk meningkatkan mutu pembelajaran dalam mata pelajaran agama, 2) penyusunan silabus dan RPP dalam meningkatkan mutu pembelajaran, 3) pelaksanaan pembelajaran agama untuk meningkatkan mutu dan 4) pelaksanaan sistim evaluasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada mata pelajaran agama. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat kualitatif yang bertujuan untuk menemukan dan menggambarkan proses aplikasi KTSP sebagaimana ditemukan di MTsN Rantauprapat. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) dalam menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mengikuti tahap-tahap berikut: 1) pembentukan tim, 2) evaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, 3) penyusunan dokumen 1 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, 4) penyusunan dokumen 2 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, 5) revisi, 6) finalisasi dan 7) penetapan. Kedua, dalam menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, para guru mengikuti langkah-langkah berdasarkan komponen silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, sebagai berikut: 1) identitifikasi, 2) Penentuan Standar Kompentensi dan Kompetensi Dasar, 3) Penentuan Materi pembelajaran, 4) Perencanaan Strategi dan langkah-langkah pembelajaran, 5) penentuan teknik penilaian, 6) mengalokasikan waktu. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran Fikih, Akidah-Akhlak, Alquran Hadis dan Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Rantauprapat jauh berbeda dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai acuan paling rinci. Keempat, untuk meningkatkan mutu pembelajaran Fikih, Akidah-Akhlak, Alquran Hadis dan Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Rantauprapat, pihak sekolah menerapkan sistim evaluasi yang terdiri dari evaluasi: kurikulum, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.35 Kurikulum |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 14 Nov 2016 08:06 |
Last Modified: | 14 Nov 2016 08:06 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1101 |
Actions (login required)
View Item |