Elmayana, Deby (2019) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia materi menemukan ide pokok paragraf Dengan Menggunakan Strategi SQ3R Di Kelas IV MI Muhammadiyah Tamiang, Kab. Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI DEBY ELMAYANA UTUH.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Mata Belajaran Bahasa Indonesia Materi Menemukan Ide Pokok Paragraf Dengan Menggunakan Strategi SQ3R Di Kelas IV MI Muhammadiyah Tamiang, Kab. Pasaman Barat. 2) Mengetahui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menemukan Ide Pokok Paragraf Dengan Menggunakan Strategi SQ3R Di Kelas IV MI Muhammadiyah Tamiang, Kab. Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari Siklus I dan Siklus II. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV MI Muhammadiyah Tamiang, Kab. Pasaman Barat berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar Bahasa Indonesia dalam bentuk pilihan ganda dengan Materi Menemukan Ide Pokok Paragraf ini dilakukan sebanyak tiga yaitu. Tes Pra Tindakan (Pre Test,) tes hasil belajar Siklus I dan tes hasil belajar Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tes awal (Pree Tes) terdapat 2 siswa (11%) yang tuntas sedangkan 26 siswa (89%) yang tindak tuntas, ketuntasan klasikal belajar yaitu 11% dengan nilai rata-rata 54,64%. Ketuntasan dilakukan siklus I dengan menerapkan strategi SQ3R Siklus I terdapat 15 siswa (54%) yang tuntas sedangkan 13 siswa (46%) yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 67,14% Siklus II terdapat 26 siswa (92%) tuntas sedangkan 2 siswa (70%) yang tidak tuntas dengan rata-rata 88,39%. Dari hasil tes belajar di atas dapat simpulkan bahwa strategi SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MI Muhammadiyah Tamiang, Kab. Pasaman Barat berjumlah 28 siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa/ Strategi SQ3R |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 05:05 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 05:05 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10659 |
Actions (login required)
View Item |