Konsep Etika Peserta Didik Menurut Burhanuddin Al-Zarnuji

Karo, Ihsan Karo (2018) Konsep Etika Peserta Didik Menurut Burhanuddin Al-Zarnuji. Skripsi thesis, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (SAMPUL)
cover.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk memahami konsep etika peserta didik menurut Burhanuddin Al-Zarnuji, (2) untuk mengetahui relevansi etika peserta didik menurut Burhanuddin Al-Zarnuji dengan kondisi sosial saat ini. Adapun metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan content analysis (kajian isi). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah library research yang merupakan suatu penelitian menggunakan buku-buku sebagai sumber datanya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi (Naskah). Berdasarkan Hasil Penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Bahwa etika peserta didik menurut al-Zarnuji dalam kitab monumentalnya Ta’lim al-Muta’allim adalah, pertama etika peserta didik terhadap Tuhan, yaitu dengan mengharap wara’ dan bertawakkal. Kedua etika peserta didik terhadap orang tua, yaitu karena orang tua adalah orang pertama yang mengenalkan anak didik tentang banyak hal sebelum pendidik dan tanpa etika kepada orang tua maka ilmu yang didapatkan tidak akan berkah. Ketiga etika peserta didik terhadap pendidik, yaitu peserta didik tidak akan memperoleh ilmu dan tidak akan dapat mengambil manfaatnya, tanpa mau mengormati gurunya. Keempat etika peserta didik terhadap kitab, yaitu dengan menghargai nilai buku, memperhatikan segala ilmu dan hikmah serta mencatatnya dengan baik dan rapi. Kelima etika peserta didik terhadap dirinya, yaitu dengan memiliki sifat tawadlu’, berani, menghindari perselisihan dan menanamkan rasa kasih sayang. Keenam etika peserta didik terhadap teman, yaitu dalam memilih teman hendaknya selalu berhati-hati agar tidak terjerumus ke jalan yang sesat.Ketujuh etika peserta didik ketika belajar, yaitu menganjurkan peserta didik untuk selalu belajar, larangan mempelajari ilmu perdukunan, berniat yang baik, memilih ilmu yang baik, sabar dan tabah. 2) Adapun relevansi konsep etika peserta didik menurut Burhanuddin al-Zarnuji dengan kondisi sosial saat ini bahwa pemikiran al-Zarnuji masih sangat relevan untuk mengembalikan pendidikan pada fungsinya. Namun ada beberapa pemikiran al-Zarnuji yang tidak relevan untuk diterapkan pada saat ini yaitu etika peserta didik terhadap pendidik dalam hal berbicara. Pada pemikiran al-Zarnuji peserta didik dituntut untuk selalu menerima apa yang disampaikan olen pendidik sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru, namun pada saat ini yang dituntut pada peserta didik adalah memiliki sifat kritis. Kata kunci : Peserta Didik, Etika Peserta Didik , Belajar

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: wilantika ramadhani
Date Deposited: 07 Dec 2018 03:26
Last Modified: 26 Jun 2019 05:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item View Item