Aprianda, Muhammad (2021) Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Matematika secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 2 Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
1__COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2__Syarat_bebas_perpus_BAB_I.pdf Download (464kB) |
|
Text
3__Syarat_bebas_perpus_BAB_II.pdf Download (642kB) |
|
Text
4__syarat_bebas_perpus_BAB_III.pdf Download (550kB) |
|
Text
5__syarat_bebas_perpus_BAB_IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
6__syarat_bebas_perpus_BAB_V.pdf Download (354kB) |
|
Text
7__Daftar_pustaka_compressed.pdf Download (585kB) |
Abstract
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran dengan menggunakan jaringan internet, hal ini menyebabkan kesuliltan terhadap siswa selama proses pembelajaran. Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini untuk mengetahui: (1) bagaimana proses pembelajaran matematika melalui via daring di SMA Negeri 2 Binjai (2) Kesulitan apa saja yang dialami oleh guru matematika selama melakukan pembelajaran daring di SMA Negeri 2 Binjai (3)Bagaimana cara meminimalisir kesulitan yang dialami guru matematika selama melakukan pembelajaran daring di SMA Negeri 2 Binjai. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni wawancara dan sumber data sekunder yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam melaksanakan pembelajaran daring tersebut guru matematika menggunakan SIGUM atau Sitem Guru Mengajar, begitu juga dengan pengumpulan tugas menggunakan SIGUM dan whatsapp group.(2) Kesulitan yang dialami guru diantaranya keterbatasan sinyal internet, dari sisi siswa tidak bebas bertanya dengan guru, dan kurangnya pemahaman siswa selama daring (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang ada selama pelaksanaan pembelajaran daring yaitu diantaranya memberikan pemahaman pentingnya belajar walau dengan keterbatasan ruang lingkup diskusi, motivasi kepada siswa, memberikan materi yang menarik dan memberikan tugas agar siswa bisa memahami lebih mendalam materi yang diajarkan . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpukan bahwa kesulitan yang dihadapi guru matematika dalam menerapkan pembelajaran daring adalah kendala umum yang dapat dialami oleh guru lain, tidak ada kesulitan khusus yang hanya dialami oleh guru matematika.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Guru, Pembelajaran Daring, Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Habiba Nur Maulida |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 08:26 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 08:26 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3156 |
Actions (login required)
View Item |