Azizah, Nur (2024) Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MAN 1 Aceh Tenggara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
2__COVER,_Abstrak,_Pengantar,_Dastar_Isi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_I_Watermark.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB_II_Watermark.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text
BAB_III_Watermark.pdf Download (504kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_Watermark.pdf Download (871kB) |
![]() |
Text
BAB_V_Watermark.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_dan_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MAN 1 Aceh Tenggara”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan dan menganalisis (1) Strategi kepemimpinan kepala madrasah sebagai administrator, (2) Strategi kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor, (3) Strategi kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer, (4) Strategi kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator, (5) kompetensi professional guru. Metodologi penelitian yang digunakan desain penelitian kualitatif dengan menerapkan pendekatan fenomenologi Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru, sedangkan data sekunder berasal dari pemangku kepentingan sekolah termasuk orang tua dan siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi kepemimpinan kepala madrasah sebagai administrator meliputi komunikasi, pengembangan kurikulum, dan pengelolaan administrasi, (2) Strategi kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor meliputi penetapan standar yang jelas untuk kompetensi guru dan proses pembelajaran, monitoring, dan umpan balk konstruktif, (3) Strategi kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer meliputi koordinasi efektif, pengawasan kinerja, komunikasi, dan kolaborasi, (4) Strategi kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator yaitu kolabaorasi aktif antar guru dalam bentuk tim atau departemen, dan motivasi juga pengakuan atas pencapaian guru juga membantu memperkuat komitmen terhadap visi sekolah, mendorong inovasi dalam pendidikan yang semakin kompleks, (5) Kompetensi profesional guru di MAN 1 Kabupaten Aceh Tenggara adalah kunci untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menarik.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 02:17 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 02:35 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |