Kesuma, Fajar Hadi (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Menghidupkan Nurani Dengan Berfikir Kritis Dengan Menggunakan Strategi Problem Based Learning Kelas XII di SMA Negeri 3 Binjai. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
cover_baru.pdf Download (807kB) |
![]() |
Text
bab_1_logo_baru.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
bab_2_logo_baru.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
bab_3_logo_baru.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
bab_4_logo_baru.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
bab_5_logo_baru.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
daftar_pustaka_logo_baru_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam, hal ini dapat dilihat dari proses belajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah diterapkan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMA N 3 Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian di kelas XII terdiri dari 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Hasil belajar sebelum dilakukan tergolong rendah dan kurang baik dengan rata-rata 60 dengan ketuntasan 25,7% dengan jumlah 9 siswa yang tuntas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 70,8 dengan ketuntasan 48,6% dengan jumlah 17 siswa yag tuntas. Hasil belajar siklus II yaitu dengan ratarata 82,4 dengan ketuntasan 80% dengan jumlah 28 siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas XII SMA N 3 Binjai.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 08:45 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 08:45 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |