Nasution, Nurul Anisa (2024) Pengaruh Self Regulation Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ips Di SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh self regulation terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Didalam angket memuat kisi-kisi dari indikator-indikator yang ada pada self regulation yang diantaranya terdapatnya strategi belajar, tanggung jawab, tujuan, persiapan, serta strategi mengatasi kegagalan. Pada indikator minat belajar siswa, diantanya terdapat perasaan senang ketika belajar, ketertarikan, keterlibatan secara aktif, rasa antusias dan fokus terhadap pembelajaran. Kemudian pada uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linierita. Dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t (parsial). Pada uji prasyarat dengan menggunakan SPSS 2.5 dengan jumlah sampel (N) dan taraf signifikansi 0,05, pada uji normalitas data yang dihasilkan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,200 > 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas Kolmogorov Smirnov dapat disimpulkan bahwa data Self Regulation dan minat belajar siswa berdistribusi normal. Pada uji homogenitas nilai signifikansi yaitu i 0,486 > 0,05 data uji diatas dinyatakan homogen. Dan pada Uji Linieritas nilai signifikasi probability pada Deviation From Linearity yaitu 0,488 > 0,05, data linier. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 2.5 pada uji t (parsial) menyatakan bahwa koefisien pada variabel X dan variabel Y yaitu self regulation dan minat belajar adalah 3,434. Jadi dapat dilihat dari taraf signifikansi 5% (0,05) dan dengan jumlah sampel (N) yaitu 131 sehingga memperoleh nilai dengan jumlah 1,978 maka diperoleh nilai > > yaitu pada variabel self regulation dengan jumlah 3,434 > 1,978. Jadi berdasarkan pengambilan keputusan jika maka diterima dan ditolak. Kemudian pada besarnya probabilitas signifikansi pada uji t (parsial) adalah 0,001. Diperoleh nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 yang mana pada pengambilan keputusan jika nilai lebih kecil dari 0,05 maka diterima dan masing-masing variabel dalam penelitian ini diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara self regulation terhadap minat belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:17 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 04:24 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25237 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |