TANJUNG, AKBAR (2024) Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Berbasis Komputer Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Lawas. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
![]() |
Text
AKBAR_TANJUNG_(CAVER)__compressed1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2_BAB_I_.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3_BAB_II_.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4_BAB_III_.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5_BAB_IV_ (1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6_BAB_V (2).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
7_DAFTAR_PUSTAKA___compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan media komputer dalam pengelolaan pembelajaran sebagai penilaian kinerja guru merupakan upaya untuk meningkatkan efektivitas dan mutu pendidikan dalam sistem yang dilaksanakan. Pemanfaatan media komputer sangat penting diterapkan dalam proses pembelajaran. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sebagai alat/media pendukung pembelajaran, tetapi juga untuk mengaplikasikan media pembelajaran secara lebih kompeten. Peningkatan ini tidak dapat lepas dari strategi manajemen kepala sekolah dalam mencapai kinerja guru berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan strategi manajemen kepala madrasah dalam mengembangkan kinerja guru dengan memanfaatkan teknologi komputer di MAN 3 Padang Lawas; 2) mengevaluasi strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kinerja guru berbasis komputer di MAN 3 Padang Lawas; dan 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat strategi manajemen kepala madrasah dalam mengembangkan kinerja guru berbasis komputer di MAN 3 Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan bantuan software NVivo 14. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi manajemen kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru berbasis komputer di MAN 3 Padang Lawas mencakup diskusi (musyawarah), kerjasama dengan guru, komite, orang tua, serta lembaga lain, pengembangan kinerja guru, dan peningkatan kualitas kinerja guru berbasis komputer. Langkah paling dominan adalah peningkatan kualitas kinerja guru melalui pelatihan berbasis komputer. 2) Kepala madrasah mengevaluasi strategi kepemimpinan dalam peningkatan kinerja guru berbasis komputer di MAN 3 Padang Lawas melalui observasi kinerja guru di kelas, tindak lanjut yang maksimal, dan pembinaan kinerja guru. Tindak lanjut pada program evaluasi menjadi langkah konkret kepala MAN 3 Padang Lawas dalam meningkatkan kinerja guru berbasis komputer. 3) Faktor pendukung strategi manajemen kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru berbasis komputer di MAN 3 Padang Lawas meliputi keterbukaan, kolaborasi, dan hubungan eksternal. Sedangkan faktor penghambat meliputi kemampuan pengelolaan tenaga pendidik, kompetensi tenaga pendidik yang kurang, dan sarana prasarana. Faktor pendukung memberikan kontribusi positif terhadap strategi manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 02:42 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 02:42 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |