Rahman Lubis, M. Kholidtur (2024) Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas Iv Di Mis Ypi Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
![]() |
Text
COVER_SKRIPSI (1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_I_SKRIPSI.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
BAB_II_SKRIPSI.pdf Download (856kB) |
![]() |
Text
BAB_III_SKRIPSI.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_SKRIPSI.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB_V_SKRIPSI.pdf Download (101kB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV di MIS YPI Batang Kuis” dan didasari oleh fenomena bahwa kemampuan untuk menulis masih sangat terbatas, khususnya menulis karangan deskripsi. Dalam hal tersebut dapat mengakibatkan kreativitas siswa tidak dapat berkembang maksimal dan merasa kesulitan dalam menemukan ide atau gagasan baru dalam proses pembelajaran. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kuantitatif quasi experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS YPI Batang Kuis yang terdiri IV A dan IV B yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Non Probability Sampling, melalui bentuk total sampling (Boring Sampling). Artinya, memilih sampel dengan semua populasi dijadikan sampel dan populasi hanya bisa dua kelas saja. Instrumen penelitian ini berupa tes menulis karangan deskripsi dan dokumentasi. Alat pengolahan data menggunakan uji persyaratan data dan uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) diketahui rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 65,09 sementara rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 64,21, (2) diketahui rata-rata posttest kelas eksperimen setelah diberikan treatment berupa pembelajaran menggunakan metode outdoor learning diperoleh sebesar 83,12 sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol diberikan treatment berupa pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata sebesar 72,54 Dengan demikian dapat dapat disimpulkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata posttest kelas kontrol. (3) Hasil perhitung uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (2,915 > 2,074), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas, maka bahwa penggunaan metode outdoor learning dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi kelas IV YPI Batang Kuis Tahun Ajaran 2023/2024.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 02:23 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 02:23 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |