Indryani, Ainun Jannah (2024) Pengaruh Strategi Synergetic Teaching Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Kewajiban Menuntut Ilmu Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Bahorok. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
COVER_SKRIPSI_AINUN_(1).pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB_I_SKRIPSI_AINUN_(WM).pdf Download (951kB) |
![]() |
Text
BAB_II_SKRIPSI_AINUN_(WM)_compressed_(1).pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB_III_SKRIPSI_AINUN_(WM).pdf Download (762kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_SKRIPSI_AINUN_(WM)_compressed.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB_V_SKRIPSI_AINUN_(WM).pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_AINUN_(WM).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran synergetic teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Bahorok. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan hasil belajar siswa yang rendah akibat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang cenderung pasif sebab dalam proses pembelajaran yang terjadi guru senantiasa menggunakan strategi konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan design quasi eksperiment bentuk nonequivalent control group design. Penelitian yang dilakukan dengan bentuk ini memiliki sampel yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebanyak 72 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t test jenis independent sample t test yang terlebih dahulu harus memenuhi uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi synergetic teaching memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bahorok pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai thitung (3,044) > ttabel (2,030) yang diartikan sebagai H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga proses pembelajaran menggunakan strategi aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan layak untuk diterapkan dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 02:10 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 02:11 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |