Muliyani, Tri (2024) Pemanfaatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Digital dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMP S IT Al-Hijrah Laut Dendang. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
Cover_Skripsi_Tri_Muliyani_compressed.pdf Download (596kB) |
![]() |
Text
BAB_1_SKRIPSI_TRI_MULIYANI.pdf Download (931kB) |
![]() |
Text
BAB_2_SKRIPSI_TRI_MULIYANI.pdf Download (766kB) |
![]() |
Text
BAB_3_SKRIPSI_TRI_MULIYANI.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB_4_SKRIPSI_TRI_MULIYANI.pdf Download (895kB) |
![]() |
Text
BAB_5_SKRIPSI_TRI_MULIYANI.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
Daftar_Pustaka_Tri_Muliyani.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran PAI berbasis digital dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa di SMPS IT Al-Hijrah Laut Dendang. Media pembelajaran digital yang menjadi inovasi yang sangat pentingdalam pendidikan modern, hal ini dapat memungkinkan penyampaian materi yang lebih menarik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Adapun partisipan dari penelitian meliputi guru PAI, siswa, dan juga kepala sekolah. Hasil pelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran PAI berbasis digital di SMS IT Al-Hijrah secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Media digital yang digunakan visual seperti buku dan audio visual seperti film atau vidio pembelajaran, media berbasis komputer seperti PPT dan aplikasi Kahoot yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI. Siswa menjadi lebih terlihat dalam proses belajar yang menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mengidentifikasi masalah, mengevaluasi informasi, dan membuat kesimpulan yang logis. Dapat disimpulkan bahwa penelitian menegaskan bahwa media pembelajaran PAI berbasis digital efektif dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa Dengan demikian hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pembelajaran PAI di SMPS IT Al-Hijrah Laut Dendang serta menjadi referensi bagi sekolah lain dalam mengimplementasi teknologi digital dalam pendidikan agama.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 02:06 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 02:06 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |