Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA/MA

Simbolon, Nuramaliah (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_Nur_amaliah_simbolon_cover_skripsi_PBL_cover1.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB_l_Nuramaliah_simbolon_skripsi_(1).pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_NURAMALIAH_SIMBOLON_(1).pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_NURAMALIAH_SIMBOLON_(1).pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB_III_NURAMALIAH_SIMBOLON_SKRIPSI.pdf

Download (594kB)
[img] Text
NURAMALIAH_SIMBOLON_BAB_IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB_V_NURAMALIAH_SIMBOLON.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Skripsi_Nuramaliah_Simbolon.pdf

Download (277kB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Torgamba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan merupakan tes berpikir kritis sebanyak 10 soal dalam bentuk essay. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan seluruh kelas XI MIPA yang dterdiri dari kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 orang dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 29 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada saat tes awal setara atau tidak jauh berbeda antara kedua kelas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) pada pretest > 0,05. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas, kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata dengan mean Posttest sebesar 82,15 > 63,27. Hal ini didukung dengan uji Independent sample t test pada posttest menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XI SMA Negeri 2 Torgamba.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:10
Last Modified: 07 Feb 2025 08:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25116

Actions (login required)

View Item View Item