Pengaruh Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Koto Balingka

Mirayanti, Mirayanti (2024) Pengaruh Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Koto Balingka. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_DAN_TTD_SKRIPSI_OK.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_MIRA_OK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB_II_MIRA_OK.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB_III_MIRA_OK.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB_IV_MIRA_OK.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB_V_MIRA_OK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAAKA_LAMPIRAN_MIRA_compressed_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan dilatarbelakangi bahwa rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya materi pecahan dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung dikelas masih monoton tnnpa menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran. Metodologi penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 04 Koto Balingka. Dengan jumlah sampel yaitu kelas (III-A) berjumlah 16 siswa sebagai kelas eksperimen, (III-B) berjumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol didalam penelitian ini. Teknik pengumpulanyya datanya yaitu dengan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) hasil belajar siswa tanpa menggunakan media masih sangat rendah karena kegiatan belajar mengajar masih terfokus pada guru saja sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan materi yang diajarkan kurang dipahami oleh siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu54,38, (2) telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 84,69, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara media puzzle pecahan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya materi Pecahan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung 9,090 dan ttabel 2,042 pada taraf signifikan 0,05 yang artinya thitung > tabel yaitu 9,090 > 2,042. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka penggunaan media puzzle pecahan pada mata pelajaran Matematika khususnya materi Pecahan, layak digunakan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pecahan

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 794 Indoor games of skill
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 07:51
Last Modified: 07 Feb 2025 07:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25107

Actions (login required)

View Item View Item