Naibaho, Mia Audina (2024) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
covermia.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB1_MIA.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB_2_MIA_.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB_3_MIA_.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB_4_MIA_.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB_5_MIA_.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_MIA_.pdf Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 guru, maka besarnya sampel pada penelitian ini adalah 32 guru, dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100 maka berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto populasi tersebut digunakan seluruhnya (studi populasi). Teknik pengumpulan data utama menggunakan bentuk pilihan jawaban berskala likert 5. Data dianalisi menggunakan regersi linear sederhana untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan pengujian statistik menghasilkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang menjelaskan bahwa terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar peserta didik. Hal tersebut didapat dari hasil uji F yang menunjukkan Fhitung yaitu 19,072 dan Ftabel = (k-1; nk) yaitu (2-1; 32-2) = (1;30) = 4,17, maka nilai Fhitung > Ftabel sebesar 19,072 > 4,17 dengan nilai sig. 0,001 < 0,05 yang dimaksudkan terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada uji statistik F signifikansi. Selain itu dilakukan uji regresi linier sederhana memperoleh persamaan regresinya Y’ = 105,683 – 1,44 X. Melalui persamaan regresi ini dapat diketahui bahwa setiap penambahan 1 tingkat dari Kompetensi Profesional Guru (X), maka Prestasi Belajar Peserta Didik (Y) akan menurun sebesar 1,44. Namun, apabila nilai kompetensi profesional guru sebesar 105,683 saat X bernilai 0 maka prestasi belajar peserta didik akan berkurang sebesar 0,144 untuk setiap peningkatan satu unit dalam X. Perhitungan pada koefisien determinasi menerangkan bahwa variabel kompetensi profesional guru berkontribusi terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 38,9%. Sedangkan 61,1% sisanya diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 03:09 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 03:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |