Implementasi Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Di Tk It Bunayya 7 Al Hijrah Kecamatan Percut Sei Tuan

Syahdila Hasibuan, Intan (2024) Implementasi Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Di Tk It Bunayya 7 Al Hijrah Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
Cover_Skripsi_Intan_Syahdila_Hasibuan_compressed.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB_1_SKRIPSI_INTAN_SYAHDILA_HASIBUAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB_2_SKRIPSI_Intan_Syahdila_Hasibuan.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB_3_Skripsi_Intan_Syahdila_Hasibuan.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB_4_Skripsi_Intan_Syahdila_Hasibuan_compressed.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB_5_SKRIPSI_Intan_Syahdila_Hasibuan.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Dafus_Lampiran_Intan_Syahdila_Hasibuan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar pada anak di TK IT Bunayya 7 Al-Hijrah. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif fenomenologis, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi kegiatan yang dilakukan guru untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar di TK IT Bunayya 7 Al Hijrah Kecamatan Percut Sei Tuan, meliputi melakukan senam, melakukan permainan, praktek sholat, melakukan kegiatan bermain peran, menyanyikan asmaul husna dengan gerakan, melakukan pemanasan melalui ice breaking, membiasakan anak untuk berwudhu, dan membiasakan anak untuk menggunakan toilet (toilet training). 2) Dari kegiatan tersebut, guru memiliki beberapa strategi dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar, antara lain persiapan media dan bahan ajar oleh guru untuk diterapkan dalam pembelajaran, guru mengajarkan gerakan pemanasan sebagai pendahuluan aktivitas, guru memberikan penjelasan dan contoh langsung kepada anak, guru melakukan pendampingan kepada anak, guru memberikan pujian dan motivasi, guru melakukan pengulangan agar anak mampu menguasai dan terbiasa melakukan gerakan, dan guru melakukan evaluasi terhadap anak. 3) Adapun guru memilih menggunakan strategi tersebut dilakukan karena efektif untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar seperti kelincahan, kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi dengan cara yang menyenangkan bagi anak-anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:56
Last Modified: 06 Feb 2025 03:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24843

Actions (login required)

View Item View Item